Minggu, 16 Maret 2014

Printer Epson Hasil Cetakannya Belang Belang

Cara mengatasi printer Epson Infus R230, T13, L100, T20E, L200, T11, L800, C90, TX121, T1100, T60, TX111, C45, TX300f yang tinjauan cetakannya belang-belang. Masalah ini sering dialami oleh pengguna printer Epson yang menggunakan sistem Infus. Gejalah ini disebabkan oleh print head yang tersumbat sebagian. Istilah umumnya disebut clogging/jamming. Dan kalau printer Ente tintanya tidak keluar sama sekali, solusinya lihat tulisan saya sebelumya Printer infus ngadat tintanya tidak mau keluar

Solusi atau cara memperbaiki Printer Epson Infus tinjauan Cetakannya Belang-Belang, yang pertama sekali yang Ente harus dilakukan adalah dengan membersihkan penyumbatnya. Biasanya tinta mengering di kapiler. Cara yang paling sederhana adalah denangan memberikan cairan pelarut tinta (Ente bisa membelinya di toko aksesories komputer) atau cairan pembersih umum yang berpelarut air bisa di gunakan (contoh cling) jangan gunakan pelarut yang bertipe ASAM karena akan menyebabkan KOROSI pada Head Print.

Cara membersihkan penyumbatan tinta Epson tersebut adalah :
1. Pertama matikan printer Ente.
2. Geser print head ke tengah bisa manual atau pun sedikit barbar dengan menghidupkan printer kemudian mencabut power ketika print di tengah/di kiri. kemudian Ente lihat di sebelah kanan bawah printer (tempat parkir heat) ada kotak kecil bergabus dibatasi karet.
3. Teteskan beberapa CC pembersih/cling pada bagian tersebut sampai agak menggenang.
4. Geser print head ke atas posisi gabus tersebut (tempat parkir head) printer jangan di hidupkan.
5. Biarkan 30-90 menit.
6. Ulangi sekali lagi untuk tinjauan yang lebih baik.
7. Berdoa.
8. Nyalakan printer dan lakukan head cleaning 2-3 kali.
9. Coba printer tersebut. Mudah-mudahan bertinjauan.

Demikian tips atau solusi cara mengatasi printer Epson yang tinjauan cetakannya belang-belang. Referensi tulisan ini berasal dari tanya-jawab saya terhadap teman di forum. Dan satu lagi katanya ini penanganannya khusus untuk printer Epson yang di Infus, kalau beda printer beda caranya soalnya. Semoga Bermanfaat ya teman2 semua :)

Artikel yang berhubungan lainnya:
Tips memilih printer yang bagus
Daftar harga printer dibawah 1jutaan
Memperbaiki head printer Epson R230
Membersihkan head print tersumbat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar