Kamis, 19 Desember 2013

Di Norway dan England Ditemukan Produk Halal Mengandung Babi

16 Mac 2013

Di Norwegia dan Inggris Ditemukan Produk Halal Mengandung Babi
NET
 
 
     
     
TRIBUNNEWS.COM,NORWEGIA--Setelah skandal daging kuda di Eropah, kini di Norwsy dan England, terdapat skandal daging berlabel "halal", atau layak untuk dimakan umat Islam, ternyata mengandung daging babi.

 Pemeriksa pemakanan di Norway, Jumaat (15/3/2013), mengatakan, mereka telah mendapati ada daging babi dalam daging kebab dan lapisan atas pizza yang berlabel halal.

Sementara itu, sebuah perusahaan daging England meminta maaf setelah sosej ayam halal yang dipasok ke setidaknya satu sekolah didapati mengandung daging babi.

Ragnhild Arnesen, juru cakapOtoritas Keselamatan makanan   Norway, mengatakan, lembaganya sedang menguji pangan untuk memastikan ada tidaknya di kandungan babi dalamnya.

Hasilnya, ia mendapati sebahagian produk halal berisi daging babi dalam jumlah besar, meskipun labelnya menunjukkan produk-produk itu seluruhnya berisi daging sapi.
Ia menambahkan pihaknya akan memperkarakan dua pengeluar, Kuraas, perusahaan yang menjual babi sebagai daging halal, dan pengeluar lainnya, Norsk Masterkjoett, yang produknya diberi label 100 persen daging lembu halal, padahal lebih dari 60 persennya adalah daging babi.

Arnesen mengatakan Kuraas Amerika telah “me-recall” seluruh daging cepat sajinya dari supermarket dan restoran.
Kuraas Amerika menyatakan permohonan maaf di webnya, dan  mengatakan pihaknya kini bekerja sama dengan otoriti makanan untuk mencari tahu bagaimana daging babi itu boleh  masuk ke dalam produk-produk dagingnya.

Editor: Rachmat Hidayat  |  Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar